Rabu, 29 Februari 2012

PENGENALAN KOMPUTER DAN KELENGKAPANNYA

Sutriyo Hutomo *)

LAPTOP

Laptop/komputer jinjing adalah komputer pribadi untuk penggunaan mobile. Laptop mengintegrasikan sebagian besar komponen khas dari sebuah komputer desktop, termasuk layar, keyboard, perangkat penunjuk (touchpad, juga dikenal sebagai trackpad atau pointing stick) dan speaker. Laptop didukung sumber listrik melalui adaptor AC, dan dapat digunakan jauh dari outlet menggunakan baterai isi ulang

Fasilitas:
A. Eksternal
o Layar LCD atau LED
o Papan ketik/keyboard

o CD/DVD ROM
o Batery daya/batery isi ulang
o Kamera
o Mouse pad/trackpad
o Sensor Biometric
o Ethernet, charging, USB port
o E-Sata, VGA port
o Headset & mic, Wifi switch, SD/MMC port, lampu indikator power & batery charger
o Lampu Indikator (harddisk, wifi, buetooth, capslock,)
o Unit charger/Adaptor AC
B. Internal
o Harddisk (penyimpan data)
o Memory/RAM
o CPU/Processor
o Speaker
o Modem
o Wifi
o Bluetooth
Pengoperasian:
A. Menghidupkan laptop
1. Pastikan batery daya terisi dan terpasang dengan baik, jika batery tidak tersedia gunakan AC adaptor;
2. Buka laptop lalu hidupkan dengan menekan tombol power, biasa terletak di sisi kiri atau sisi kanan atas keyboard;
3. Jika tidak ada kendala, sistem operasi laptop akan melakukan booting untuk beberapa saat;
4. Jika laptop sudah menampilkan menu login (dengan otorisasi) atau langsung ke menu desktop (tanpa otorisasi), laptop siap untuk digunakan.
B. Mengakses sistem operasi
1. Mode icon login
o Tampil beberapa gambar icon user tergantung jumlah user yang terdaftar, pilih gambar icon user anda lalu masukkan password; misal icon “margo” dan password “margoaja”, jika tanpa password, cukup menekan gambar icon login lalu tekan “enter”
o Jika hanya ada satu user/user tunggal dan tanpa password, windows akan otomatis menuju menu desktop
2. Mode manual login
o Tampil menu user login, masukkan/ketikkan username dan password lalu tekan “enter”; misal login “margo” dan password “margoaja”, jika tanpa password, cukup menekan “enter” setelah memasukkan username
o Jika hanya ada satu user/user tunggal dan tanpa password, windows akan otomatis menuju ke menu desktop
3. Sensor biometric
o Gesekan sidik jari anda yang terdaftar di otorisasi sensor biometric
C. Mengakses dan menjalankan aplikasi
1. Menggunakan menu start
o Pada menu desktop, arahkan cursor ke menu “start”, pilih “All Programs” pilih aplikasi yang diinginkan. Menu “start” secara default berada di kiri bawah layar
2. Menggunakan desktop icon (shortcut menu)
o Pada menu desktop, arahkan cursor ke gambar icon aplikasi yang ada di layar laptop (jika ada), klik dua kali dengan tombol kiri mouse untuk  menjalankan aplikasi atau klik sekali dengan tombol kanan mouse, lalu pilih “open”

FLASHDISK (USB Thumb Drive)

USB flashdisk adalah perangkat penyimpanan data yang terdiri dari memori flash dengan interface/antarmuka Universal Serial terpadu (USB) Bus. USB flash drive bersifat mudah dicabut dan ditulis ulang dengan fisik yang jauh lebih kecil dari floppy disk. Per Januari 2012 sudah tersedia kapasitas USB drive sebesar 1 terabyte (TB) dan direncanakan kapasitas 2 terabyte. Beberapa Flashdisk mempunyai kemampuan 100.000 tulis/hapus (tergantung pada jenis chip memori yang digunakan) dan mampu disimpan selam 10 tahun.
Pengoperasian :
1. Masukkan USB Flashdisk ke port USB, tunggu beberapa saat agar sistem otomatis mengenali perangkat dan menampilkan notasi sukses.
2. Jika perangkat telah dikenali, pada windows explorer akan menampilkan direktori baru dengan nama Removable disk (H:) atau nama USB flashdisk; misal KINGSTON (H:)
3. Klik direktori “KINGSTON (H:)” untuk melihat isi dan Flashdisk siap digunakan
4. Untuk mencabut USB Flashdisk, klik tombol kiri mouse pada icon Flashdisk, pilih Eject “type flashdisk”; misal Eject DT 101 G2  
5. atau klik tombol kanan mouse pada windows explorer  direktori KINGSTON (H:) pilih eject
Notasi aman untuk diunmount atau dicabut/dilepas

Koneksi Internet 
(Wi-Fi & Modem GSM)

1. Wi-fi
Wi-Fi kependekan dari Wireless Fidelity yaitu perangkat standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks – WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. 
Pada awalnya Wi-Fi ditujukan untuk penggunaan perangkat nirkabel dan Jaringan Area Lokal (LAN), namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet. Hal ini memungkinan seseorang dengan komputer dengan kartu nirkabel (wireless card) atau personal digital assistant (PDA) untuk terhubung dengan internet dengan menggunakan titik akses (atau dikenal dengan hotspot) terdekat.
Spesifikasi Wi-Fi
Spesifikasi Kecepatan Frekuensi Band yang cocok
802.11b 11 Mb/s ~2.4 GHz b
802.11a 54 Mb/s ~5 GHz a
802.11g 54 Mb/s ~2.4 GHz b, g
802.11n 100 Mb/s ~2.4 GHz b, g, n

Pengoperasian:
1. Aktifkan perangkat Wifi pada laptop dengan cara sbb:
a. Jika ada switch on/off radio Wifi pada laptop, arahkan switch pada posisi “on”, pada layar akan muncul notasi dan icon Wifi dalam kondisi aktif
b. Aktifkan Wifi menggunakan kombinasi tombol “fn” + “F5”, **=representasi tombol pada keyboard yang menggambarkan icon radio wifi.
2. Arahkan cursor pada icon Wifi yang aktif untuk melihat akses poin yang tercover, pilih akses poin yang dituju lalu pilih “connect”
3. Masukkan password jika akses poin memerlukan otorisasi (bisa ditanyakan ke admin), untuk “open” akses poin laptop akan secara otomatis terkoneksi ke akses poin.
Notasi sukses terkonek ke internet
4. Lakukan browsing ke salah satu alamat web untuk pengetesan internet



2. Modem GSM
Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.
Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog, ketika modem menerima data dari luar berupa sinyal analog, modem mengubahnya kembali ke sinyal digital supaya dapat diproses lebih lanjut oleh komputer.
Modem GSM bekerja pada frekuensi 900MHz dan 1800MHz untuk GSM generasi kedua atau 2G, 2100MHz untuk GSM generasi ketiga atau 3G.
Pengoperasian:
1. Masukkan modem ke port USB, tunggu beberapa saat agar sistem secara otomatis mengenali perangkat.
2. Modem secara otomatis akan melakukan permintaan instalasi, dengan program autorun, tekan “enter” dan ikuti tahap-tahap instalasi sampai selesai. Untuk configurasi modem dapat dibaca dibuku manual modem
Interface Modem
3. Lakukan browsing untuk pengetesan internet
Manajemen Data dan File 
A. Membuat folder
1. Pada windows explorer, pilih direktori yang akan digunakan untuk penempatan file/folder; misal local disk (D:)
2. Pada window aktif, buat folder dengan cara, klik kanan mouse, pilih new, pilih new folder
3. Ganti nama new folder sesuai keinginan anda dengan menekan tombol “F2” pada folder yang akan diubah; misal Kepegawaian
4. Dengan cara yang sama lakukan yang sama untuk nama folder :
o Kerjasama
o Kesiswaan
o Keuangan
o Kurikulum
o Sarana&Prasara
o EkstraKurikuler 
    
B. Menyimpan file ke folder
1. Pilih file yang akan disimpan/dipindah, klik kanan, pilih cut/copy
2. Pilih folder yang sesuai, lalu klik paste.

LCD Projector 
Proyektor LCD adalah jenis proyektor video untuk menampilkan video, gambar atau data komputer pada layar atau permukaan datar lainnya. Ini setara dengan proyektor slide atau proyektor modern. Untuk menampilkan gambar, LCD (liquid crystal display) proyektor biasanya mengirim cahaya dari lampu halida logam melalui prisma atau serangkaian filter dichroic yang memisahkan cahaya untuk tiga panel polysilicon - masing-masing untuk komponen sinyal video merah, hijau dan biru. Sebagai cahaya terpolarisasi melewati panel (kombinasi polarizer, panel LCD dan analisa), piksel individu dapat dibuka untuk memungkinkan cahaya untuk terbuka atau tertutup untuk memblokir cahaya. Kombinasi piksel terbuka dan tertutup dapat menghasilkan berbagai macam warna dan nuansa pada gambar yang diproyeksikan.

Halida logam lampu digunakan karena output suhu warna yang ideal dan spektrum yang luas dari warna. Lampu ini juga memiliki kemampuan untuk menghasilkan jumlah yang sangat besar cahaya dalam area kecil, saat ini standar ANSI (American National Standards Institute) untuk proyektor rata-rata sekitar 2.000 hingga 15.000 lumens

Teknologi lainnya, seperti Digital Light Processing (DLP) dan kristal cair pada silikon (LCOS) juga menjadi lebih populer di proyeksi video sederhana.
Pengoperasian:
1. Hidupkan LCD Projector, dengan tombol power atau remote kontrol (jika tersedia), tunggu beberapa saat sampai muncul gambar di layar screen projector.
2. Pasang kabel adaptor VGA LCD projector ke VGA laptop. 
Kabel Adaptor VGA (kabel penghubung ke LCD Projector)
   
3. Tekan secara bersamaan tombol “fn” + “F8” (kombinasi kunci tergantung merk masing-masing laptop) untuk menampilkan layar laptop ke LCD Projector


*) Pustekkom Kemdikbud
Materi (lengkap dengan ilustrasi gambar) bisa didownload di http://www.ziddu.com/download/18740043/pengenalankomputer.pdf.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar